Download Aplikasi MOCLS

Tugas dan tanggung jawab seorang Room Attendant


Departemen Housekeeping merupakan departemen yang sangat vital dalam sebuah hotel. Jika diibaratkan sebuah tubuh maka housekeeping merupakan jantung dari sebuah hotel. Karena begitu penting peranan housekeeping maka seoarang Room Attendant harus menguasai benar tugas dan tanggung jawabnya. Berikut beberapa jobdesk seorang Room Attendant:


1. Hubungan dengan tamu (Guest Relations)
Setiap room attendants harus menyapa tamu dengan hangat berapapun kelas hotel bintang tsb agar tamu merasa nyaman dan seperti merasa berada di lingkungan keluarga.

2. Keamanan Tamu (Guest Safety)
a) Seorang Room attendant berkewajiban menjaga keamanan dan kenyamanan tamu selama berada di hotel sehingga akan menciptaka kesan positip dan membuat tamu ingin kembali menginap di hotel kita .
b) Room Attendant bertanggungjawab untuk memeriksa guest occupancy dan melakukan verifikasi terhadap kamar yang telah selesai digunakan.
c) Setelah mengetuk pintu dan memasuki kamar, seorang room attendant harus memeriksa dengan teliti dengan visual/penglihatan sebelum melakukan pembersihan dan perapihan kamar.
d) Segera laporkan setiap ketidakwajaran kondisi kamar/tidak sesuai kebiasaan kepada executive housekeeper, hotel manager or housekeeping supervisor.
e) Seorang room attendants juga dapat meminta pekerjaan pemeliharaan untuk kamarnya kepada bagian lain, misalnya engineering.

3. Cleaning
a) Melakukan kegiatan pembersihan harus dari bagian terjauh dari pintu selanjutnya mendekat kearah pintu. Hal ini untuk memastikan tidak ada bagia yang terlewati untuk dibersihkan.
b) Harus membersihkan setiap permukaan termasuk meja, lemari baju, pintu-pintu, televise dan seluruh peralatan di dalam kamar lainnya.
c) Melakukan making bed sesuai standar.
d) Melakukan vacuuming setelah bathroom dibersihkan sebelum meninyelesaikan pembersihan ruangan.

4. Membersihkan Kamar Mandi/Bathrooms
a) Wajib menggunakan sarung tangan saat membersihkan akar mandi.
b) Mengganti handuk basahan dengan handuk bersih.
c) Membersihkan Kaca dan wastafel dimulai dari bagian atas menuju arah bawah. Diawali dari pembersihan kaca.
d) Shower stalls, bathtub dan toilet dibersihkan dan disanitasi.
e) Toiletries yang sudah digunakan harus segera diganti.

5. Tugas Administratif.
a) Room attendants yang bertugas shift pagi dan shift sore akan banyak melakukan persiapan kamar untuk tamu yang masih menginap dan menyiapkan kamar untuk tamu yang baru dating.
b) Setiap hari harus dilakukan overhandle/serahterima antar shift yang diketahui Supervisor untuk melaporkan hasil kerjanya serta menerima tugas pekerjaan yang akan dilakukan.
c) Wajib mengisi log book/report form sebelum meninggalkan tugasnya hari itu.
d) Melakukan tindakan pengendalian biaya dengan tetap mengutamakan kualitas hasil kerja.

Demikian gambaran singkat tugas dan tangung jawab Room Attendant semoga bermanfaat. Bagi Anda yang membutuhkan jasa cleaning service atau housekeeping silahkan hubungi kami.
Tugas dan tanggung jawab seorang Room Attendant Tugas dan tanggung jawab seorang Room Attendant Reviewed by MONGGOAGUNG Group on 01.58.00 Rating: 5
MONGGOAGUNG Group
Diberdayakan oleh Blogger.